Our social media : Facebook | Instagram | YouTube

Suharsono, Agus and Uluwiyah, Ana (2020) Strategi Smart Test Dalam Pembelajaran Latsar CPNS di Era Society 5.0. PANCANAKA Jurnal Kependudukan, Keluarga dan Sumber Daya Manusia, 1 (1). pp. 1-9. ISSN 2716-2036

[img]
Preview
Text
1 Agus Suharsono OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Point penting dalam society 5.0 adalah terjadinya cross-sectional pada knowledge dan informasi, sehingga mendorong orang untuk dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi masyarakat yang aktif. Konsep dalam society 5.0, telah mulai berkembang dalam budaya masyarakat Indonesia. Ada beberapa indikator penting, diantaranya adalah kesadaran masyarakat untuk menggunakan IT sebagai salah satu “enabler” dalam mendukung aktivitas pekerjaannya. Tulisan ini akan memberikan gambaran umum tentang salah satu metode pembelajaran yang mendukung terwujudnya budaya society 5.0 untuk meningkatkan kompetensi peserta diklat, melalui studi empiris dengan data hasil apada Diklat Latsar CPNS Kemenkeu. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh gambaran umum bahwa melalui pengembangan metode pembelajaran yang sesuai dengan budaya society 5.0, tujuan pembelajaran seperti meningkatkan kompetensi peserta lebih mudah dicapai. Alasannya karena, pengembangan metode pembelajaran, dalam paper ini menggunakan Quizziz, sesuai dengan kebutuhan dan budaya peserta yang pada dasarnya adalah 100% generasi milineal. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa dengan budaya masyarakat yang sudah mulai bergeser ke soceity 5.0, maka pemerintah perlu melakukan inovasi atau terobosan sesuai kebutuhan masyarakat agar lebih efektif dan efisien.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Bidang Pelatihan dan Pengembangan > Penelitian dan Pengembangan
Depositing User: Admin Eprints BKKBN Jogja
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:05
Last Modified: 30 Jan 2020 06:17
URI: http://eprints.latbangdjogja.web.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item