Syafuddin, Khairul (2020) Komodifikasi Keluarga dalam Dunia Virtual untuk Peningkatan Ekonomi di Era Revolusi Industri 4.0. PANCANAKA Jurnal Kependudukan, Keluarga dan Sumber Daya Manusia, 1 (1). pp. 47-54. ISSN 2716-2036
|
Text
5 Khairul Syafuddin OK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan industri 4.0 diawali dengan munculnya teknologi internet yang dapat menghubungkan seluruh masyarakat tanpa terkendala ruang dan waktu. Industri 4.0 juga memunculkan adanya society 5.0 yang berorientasi pada segala permasalahan dapat diselesaikan melalui teknologi. Salah satu permasalahan dalam masyarakat adalah masalah ekonomi. Dalam keluarga yang hidup di era industri 4.0 ini permasalahan tersebut dapat dihadapi melalui teknologi internet. Salah satunya adalah dengan menjadikan kehidupan keseharian dalam keluarga menjadi bahan spectacle atau tontonan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kehidupan keluarga perlu dijadikan alat komoditas sehingga dapat melakukan proses komodifikasi. Proses komodifikasi tontonan dalam dunia virtual ini dapat dilakukan melalui platform yang ditawarkan melalui internet, salah satunya adalah Youtube. Salah satu contoh akun Youtube yang berhasil mengkomodifikasi kehidupan keluarga di era industri 4.0 adalah akun milik Li Ziqi. Kreatifitas yang dimilikinya dalam membuat konten dan membuat narasi kehidupan keluarga dapat menjadi salah satu contoh referensi bagi keluarga untuk memanfaatkan internet dalam menghasilkan keuntungan. Melalui Youtube, keluarga juga dapat melakukan komersialisasi terhadap konten yang dibuatnya sebagai tanda bahwa proses komodifikasi tersebut berhasil.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Bidang Pelatihan dan Pengembangan > Penelitian dan Pengembangan |
Depositing User: | Admin Eprints BKKBN Jogja |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 06:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 06:20 |
URI: | http://eprints.latbangdjogja.web.id/id/eprint/124 |
Actions (login required)
View Item |